Model kerja Academic Health System Universitas Gadjah Mada (AHS UGM) Mengedepankan integrasi fungsional antara institusi pendidikan, pelayanan, dan regulator kesehatan. Model kerja ini mengakomodir tata kelola organisasi yang berfokus pada program (dalam hal ini disebut sebagai centre of excellences). Fokus ini diharapkan dapat lebih mendorong kinerja pendidikan, penelitian, dan pelayanan yang kolaboratif dan berkesinambungan.

Unsur dalam model kerja AHS UGM terbagi ke dalam dua kategori: i) Struktur inti; dan ii) Centre of excellences (CoE).

Struktur inti bertanggung jawab untuk:
  1. Forecasting dan meng-update kebijakan dan strategi operasional
  2. Melaksanakan fungsi manajemen internal organisasi
  3. Menjalankan fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap target capaian seluruh CoE

CoE bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas berbasis tema prioritas, berikut melaporkan capaian kegiatan kepada struktur inti.

Masing-masing CoE memiliki otonomi dalam merancang berbagai aktivitas yang diperlukan, selama aktivitas tersebut ditujukan untuk mencapai indikator-indikator yang tertuang dalam Rencana Kegiatan Bersama AHS UGM. Masing-masing CoE dipimpin oleh satu institusi sebagai koordinator. Anggota CoE dapat berbeda-beda jumlahnya, tergantung peminatan dan kapasitas anggota. Unsur pembentuk struktur inti AHS UGM dapat menjadi anggota aktif CoE.